[RECIPE] OVOMALTINE BROWNIES


TARAAAAA...This is as I promise to you starting this year of 2016, I'm gonna share more simple and home cooking recipe in my blog. I know I'm an amateur cooker and baker, but I love to learn something and I believe the more I cook, the better I would be, right. Moreover, masakan saya sudah diakui lumayan enak (ya iyalah I'm not that great chef haha) sama my hubby dan keluarga hahaha. Well, on my weekend, since I'm craving for brownies, so I decided to make it ine. Resepnya sih searching dari berbagai sumber dan saya cocok banget sama resep dari mba Isna di blog-nya cobacoba-isna.blogspot.co.id yang saya modifikasi dengan mengganti cokelat chip dengan ovomaltine. So, here they are!



Bahan

3 butir telur
200 gr gula pasir 
115 ml minyak goreng
1 1/2 sdt vanila bubuk
100 gr coklat blok atau dark cooking chocolate (DCC), cincang dan lelehkan
200 gr tepung terigu protein sedang ( saya pake tepung segitiga biru)
25 gr coklat bubuk (saya pake Java)
1/2 sdt baking powder
Ovomaltine secukupnya, lelehkan biar nggak terlalu pekat

Cara membuat
1. Panaskan oven 190 C. Alasi loyang 20x20 cm (atau 22x22 cm) dengan kertas roti, sisihkan
2. Kocok telur, gula pasir, vanila dengan mixer kecepatan rendah, berhubung saya nggak punya mixer jadi saya pakai hand-whisker dan aduk sampai rata saja. 
3. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder. Tambahkan ke adonan sedikit demi sedikit sambil aduk rata ngaduknya, saya pakai spatula cuma sekitar 4x aduk sampai rata aja semuanya. Pokonya jangan kelamaan ngaduk nanti ngembang banget kayak kue bolu hehehe....
4. Tuangkan coklat DCC leleh, aduk rata dengan spatula. 
5. Masukkan minyak, aduk rata lagi
6. Tuangkan adonan ke loyang. Lalu, tuangkan lelehan ovomaltine di bagian paling atas adonan, boleh di hias sesuka hati. Saya sih cuma menuangkan dengan model sungai bergelombang. Taburkan keju parut secukupnya.
7. Panggang di rak atas selama 25 menit untuk mendapatkan shiny crust yang cantik. Setelah 25 menit, segera pindahkan ke rak bawah dan turunkan suhu menjadi 150 C. Panggang lagi selama 20-25 menit. Angkat dan dinginkan.

Saya dapat tips dari Mba Isna, untuk menghasilkan chewy brownies (kebetulan saya dan suami lebih suka brownies yang dalamnya chewy daripada yang kering) yaitu memanggang di rak atas dengan api atas selama 25 menit, kemudian turunkan ke rak bawah dengan api bawah. Dengan begitu hasil brownies saya benar-benar chewy di bagian tengah karena ada lelehan ovomaltine dan crunchy-gooey di bagian atasnya hihihi...Aduuuh senang deh karena percobaan pertama saya lumayan berhasil. Kenapa saya bilang lumayan, karena saya pakai oven jadul punya mama saya dan waktu bakingnya bisa sampai 2 jam hahaha dan saya kelebihan pakai baking powdernya jadinya kue saya bagian bawahnya kayak bolu, ngembang hahaha! But fortunately bagian atasnya officially real brownie! Well, til my next baking then! 


No comments