Commune Bistro : A Comfy Food in A Comfy Home

Beberapa waktu lalu saya menghadiri re-opening Commune Bistro & Grill yang menempati rumah barunya di the Foundry 8, SCBD Sudirman. Sebelumnya Commune dikenal sebagai Commune Café & Bistro yang berlokasi di daerah Senopati. Menempati rumah barunya, bistro yang mengusung tema baru one-stop honest bistro ini juga menghadirkan interior baru dengan konsep industrial yang nyaman dan kasual. Dinding-dindingnya dibuat dari container dengan kombinasi furniture kayu berwarna cokelat gelap dan terang  serta ilustrasi alat-alat pertanian dan lampu-lampu kuning yang membuat bistro ini terlihat warm dan chic.


Dari segi menu pun mereka menawarkan transformasi baru berupa menu comfort food yang lebih beragam dengan menu andalan 10 menu rice bowl dan 5 menu sandwich. Mungkin di banyak restoran lain, kalian sering menemukan rice bowl, tapi bedanya disini rice bowlnya dimasak dengan metode pembakaran dengan arang/batok kelapa sehingga semua rasa dan aroma makanannya memiliki ciri khas tersendiri.


Okay, enough for the opening, let’s droll over the creation of Chef Joseph Abud, Co-owner & Executive Chef at Commune Bistro & Grill. 


Vegetable Roll (55K), appetizer ini terlihat cantik dengan isian berupa sayur-sayuran seperti timun jepang, selada, wortel, baby corn dan potongan ayam. Kulit roll-nya pun tipis namun renyah saat digigit. Sayangnya, agak sedikit getir buat lidah saya meskipun sudah saya cocol dengan saus sweet chilli-nya. 



Chili Cheese Fries (60K) di atas juga bisa jadi pilihan appetizer yang lebih 'mengenyangkan' karena porsinya besar. Kentangnya sendiri diklaim dimasak tiga kali makanya gak heran teksurnya agak sedikit benyek namun tetap lembut dan enak bagi saya. Topping berupa daging cincang dengan saus keju yang pedas asin memperkaya rasa appetizer ini. Simply love it!

Untuk 10 menu rice bowl-nya Commune menyediakan 3 pilihan nasi, yaitu Nasi Merah, Pilaf rice (nasi ini mirip seperti nasi lemak) dan Nasi Putih biasa. Diantara kesepuluh rice bowl, berikut dua  rekomendasi saya:

Braised Short Ribs (80K)

This one is the bombed! Dari kesepuluh rice bowl, saya langsung menempatkan ini di posisi teratas, terutama karena ribs-nya yang empuk banget dan ox-tongue yang super crunchy! Dilengkapi dengan Pilaf Rice yang khas seperti nasi lemak dan telur setengah matang, tomato salsa serta salad, rice bowl ini makin bikin saya jatuh cinta! 


Miso Honey Salmon (80K)

I love the texture of the honey grilled salmon, aromanya jadi manis karena ada honey glazed-nya, salmonnya juga well-cooked. Uniknya bowl ini di-mix dengan Japanese omelet dan guacamole. Sayangnya, nasi merah yang saya pilih malam ini sedikit kering. 


Berikut beberapa pilihan rice bowl yang bisa kamu coba:


Ox Tongue Bowl 
(thin slices of ox-tongue sauteed with lots of garlic, spring onions, chili peppers and soy sauce)


Nasi Goreng Bowl
(beef curry-spiced fried rice served with sunny side up and balinese chicken satay lilit)

Korean Chicken Bibimbap
(crispy fried chicken served with grilled onions, bell pepper, carrot arranged in Bibimbap style with gochujang paste and sous-vide egg)


Beef Fajitas
(marinated beef steak, sliced, and served with grilled onion and bell peppers, Mexican corn, topped with tortilla chip crumble)

Untuk menemani makan malam, cobain beberapa pilihan Commune Mocktail seperti,  Ginger Ale Lemon Sorbet (35K) minuman segar yang terbuat dari campuran soda, jahe, sereh, dan buah lemon. Cocok buat yang suka minuman asam, jadi bikin melek! 


Virgin Sangria (35K) juga bisa jadi pilihan untuk yang lebih suka rasa buah. Minuman segar ini perpaduan dari black tea and grape infusion, spiced sangria elixir dengan potongan buah stroberi dan nanas. 


Well, overall buat saya Commune Bistro & Grill cukup menyenangkan untuk tempat kumpul-kumpul apalagi setelah pulang kerja, pilihan comfort food-nya juga beragam, sayangnya masih butuh sedikit perbaikan di beberapa bagian terutama pada perbandingan harga dengan porsi bowl-nya. Well, kalau Commune Bistro & Grill lekas tanggap dengan saran-saran yang masuk, saya yakin pasti kedepannya bistro ini akan menjadi makin hits seperti saat di Senopati dulu. 


Range harga        : Rp55.000 - Rp200.000
Operating hours : 11.00 - 23.00 WIB (weekday)
                              11.00 - 01.30 WIB (weekend)


Commune Bistro & Grill
The Foundry No. 8
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
SCBD, Jakarta Selatan
Tel. 021-92773302
twitter & Instagram: @communebistro
communebistrogrill@gmail.com

No comments