Tapas Movida : A Spanish Heritage

Sudah lama sekali mendengar tentang restoran Spanyol yang jadi bahan pembicaraan diantara teman-teman food blogger ini, akhirnya di suatu malam bersama teman-teman foodies dari Openrice.com, saya berkesempatan mencicipi restoran yang memiliki hidangan otentik Spanyol yang katanya Cuma ada dua resto yang menyajikan otentik di Jakarta, salah satunya si Tapas Movida.

Restoran ini terletak di Cipete Raya No. 66, lokasinya mudah dijangkau dan terletak di pinggir jalan diseberang 711 Cipete. Dari luar sudah terlihat nuansa klasik pada resto yang memiliki logo banteng ini. Restoran ini memiliki dua area indoor dan outdoor, tapi kalau malam sebenarnya kedua area ini tidak ada bedanya karena cahaya lampunya sama-sama temaram.  Di bagian depan, terlihat deretan set meja makan dengan sebuha kursi bar tinggi di bagian tengahnya.  Di salah satu sudutnya terdapat sebuah area untuk live band. Nuansa Spanyol makin terasa engan beberapa lukisan matador dan penari Spanyol di beberapa bagian dindingnya. Masuk ke bagian outdoor, terdapat bangku dan kursi yang terbuat dari semen berhias ukiran a la Spanyol. Sayangnya karena malam hari, jadi semuanya terlihat gelap dan biasa saja tempatnya.

Gathering malam ini dibuka dengan beberapa set menu yang disajikan secara prasmanan. Sesuai dengan namanya, restoran ini memang menyajikan tapas sebagai menu utama. Tapas bagi masyarakat Spanyol seperti cemilan namun biasanya dikonsumsi setiap hari saat makan pagi, siang ataupun malam dan di acara-acara tertentu.  Lagipula di umumnya budaya Spanyol, masyarakat Spanyol memang tidak mengenal appetizer, main course, atau dessert. Mereka makan apapun yang mereka ingin makan saj setiap harinya hihihi…lucu ya!

Tapas pertama yang datang yaitu, Ensalade de Tomato. Ini berupa salad yang berisi potongan tomat segar yang dipotong tipis. Tomat-tomat itu diselimuti dengan olive oil dan garlic. Simpel dengan rasa tomat segar yang sedikit hambar, oily, dan asin.


Selanjutnya, Albondigas, bakso ala Spanyol ini hadir dengan variasi seperti semur daging kalau di Indonesia. Baksonya dibuat kecil-kecil dan ditusuk denga tusuk gigi. Bakso ini dimasak dengan red wine,  onion sauce dan caramel yang menghasilkan rasa gurih berpadu dengan manisnya caramel yang kuat tapi nggak enek. Menurut saya sih memanng seperti bumbu pada semur daging tapi ini lebih enak dan nggak terlalu pedas. Simply love it!.


Tortilla Espanola ini juga menarik hati saya. This is only a Spanish omelette sih, tapi teksturnya lebih padat  karena terbuat dari adonan kentang juga dan saat digigit terasa seperti menggigit cake ketimbang telur hehe…rasanya gurih dengan rasa bawang putih yang sangat tajam dan agak hambar.


Kalau mau coba gorengan a la Spanyol, Croquetas bisa jadi pilihan yang tepat. Ini kroket a la Spanyol yang digoreng dengan tingkat kematangan yang pas dengan tepung panir yang menjadikannya crunchy dan lembut saat digigit. Isinya sendiri berupa telur dan potongan udang.  Gurih seperti umumnya kroket yang biasa saya makan di negeri ini hanya saja adonan kentangnya tidak terlalu padat.


Kalau Italia punya bruschetta, Spanyol juga punya lho. Huevo sobre anchoas con cebolla y pergil merupakan salah satu varian bruschetta garlic mayonnaise egg bertopping anchovies dan parsley. Royti yang dipakainya cukup garing dan lembut. Rasanya agak sedikit asin dan tercium sedikit bau amis.


Sedangkan, Pan con tomate, catalan style bread dengann topping olive oil, tomato, dan garlic. Yang ini toppingnya sedikit ada rasanya di lidah saya. Gurih dan asinnya pas.


Gambas al ajillo semakin membuka selera saya akan hidangan Spanyol. Traditional Spanish prawn ini dimasak dengan white wine sauce, garlic dan olive oil. I love the sauce, asam, manis, gurih yang sulit saya lukiskan enaknya! Udangnya pun lembut dagingnya dan saya yang terkadang alergi udang merasa nggak berdosa banget nyobain menu ini haha!


Championes al ajillo juga menarik buat saya. Jamur yang dimasak dengan white wine dan olive oil ini punya kuah yang sangat pekat dengan bawang putih dan cabe merah. Menjadikannya sedikit pedas namun sedikit terasa creamy.


Nah ini yang ditunggu-tunggu, main course berupa sewajan besar Paella Rice, nasi khas Spanyol. Katanya orang Spanyol kalau makan itu selalu satu keluarga besar, makanya nggak heran kalau porsi Paella disini pun sangat buesaaar bahkan bisa untuk 10 orang! Nasi Paella ini berasnya terbuat dari beras khas Spanyol yang teksturnya hampir mirip dengan beras untuk nasi Briyani India, agak tipis dan panjang, tapi tidka terlalu tajam seperti nasi Briyani. Warna kuning yang mewarnai nasi ini bukan berasal dari kunyit, melainkan dari bunga Saffron yang memang tumbuh di dataran Mediterania dan sering digunakan untuk beberapa masakan khas di beberapa negara Eropa dan India bahkan Antartika. Paella rice ini dimasaknya juga agak setengah matang sehingga saat dimakan masih berasa tekstur berasnya yang sedikit ‘crunchy’dan agak sedikit berair juga hihi…Rasanya gurih dan asin sama seperti makan nasi kuning di sini. Toppingnya berupa potongan ayam, tomat, kacang polong, dan kacang panjang. Semuanya menjadi pelengkap yang pas dan mengenyangkan!


FYI, untuk harga yang ditawarkan juga nggak terlalu mahal kok untuk sekelas masakan otentik. Harga aneka tapasnya berkisar antara Rp17.000 – 70.000 sedangkan main coursenya berkisar antara Rp60.000 – 250.000. Tenang aja, harga yang mahal untuk main course sebanding dengan porsinya yang buesaaar kok! Jadi, saya sarankan kalau mau makan besar disini bareng keluarga pilihlah Paella ricenya yang super besar itu dijamin kenyang dan cukup banget untuk rame-rame.
Overall, saya sangat menikmati adanya resto Spanyol disini. Setidaknya nggak perlu jauh-jauh terbang ke Spanyol untuk mencicipi hidangan asli masyarakat Spanyol. Tapas Movida cermat banget menyajikan menu otentik Spanyol dengan ambience resto yang juga kental dengan nuansa Spanyol dan harga yang masuk akal. Very worth to try! Thanks Openrice and Tapas Movida for inviting. Can't wait to see the opening iin Kelapa Gading!



Tapas Movida

Jl. Cipete Raya No. 66
Cipete, Jakarta Selatan
@TapasMovida

www.tapasmovida.co.id


No comments