Segarnya Dawet Telasih Bu Dermi

Kalau ada kesempatan mampir ke Pasar Gede, Solo, coba masuk lebih dalam ke area Blok Ayam Goreng. Di seberang jejeran pedagang buah, kita bisa melihat spanduk hijau besar bertuliskan Dawet Telasih Bu Dermi. Ya, disinilah salah satu dawet Solo yang tersohor di kota ini. Tempatnya memang hanya kedai kecil di tengah-tengah pasar yang ramai dan bau. Tapi saya menemukan kenikmatan asli makan dawet bersama riuhnya suasana pasar pagi itu.

 
Dawet Telasih atau dawet selasih merupakan salah satu pengembangan dari dawet ayu yang normalnya berisi cendol. Biasanya beda daerah, beda juga penyajiannya meskipun namanya sama-sama dawet. Dawet Solo ini isinya berupa jenang sumsum, ketan hitam, cendol, tape hijau, dan biji selasih. Kuahnya seperti biasa gula jawa dicampur nangka dan santan. I love jackfruit! Makanya pas menyeruput es ini saya seperti dibawa ke surga haha lebay...wangi pandan dan nangkanya bikin minuman ini segar banget dan manisnya ga berlebihan. Ah rasanya semangkuk dawet telasih ini ga cukup buat saya, tapi berhubung saya tidak suka bau khas pasar, ya cukup satu sajalah untuk mengobati rasa penasaran akan es dawet ini.

Harganya juga murah banget cuma Rp6.000 saja semangkuk. Minuman enak, ditambah suasana riuhnya pasar dengan keramahan orang-orang Solo, ah rasanya saya gak salah memilih memanjakan perut di kota ini!

1 comment

  1. kalo kejauhan ke pasar gedhe bisa ke gang sebelahselatan Hotel Sahid Jaya ...ada warung kecil di atas saluran air ...sepertinya sama dg bu Dermi :)

    ReplyDelete