Nasi Liwet Yu Sani

Malam pertama di Solo saya habiskan dengan mencari kuliner yang lekat dengan cirinya yang muncul di malam hari, Nasi Liwet atau Sego Liwet salah satunya. Sebenarnya saya nggak terlalu tertarik dengan Nasi Liwet ini melihat beberapa kali saya mencicipi di Jakarta rasanya ya seperti makan nasi biasa dengan lauk pauk malah kadang nasi yang harusnya kental dengan santan itu terasa seperti makan nasi biasa. Tapi lagi-lagi karena ini di Solo, darah dimana si Nasi Liwet aslinya berada, saya wajib mencicipinya. 

Saya menelusuri daerah Solo Baru, sebuah kota mandiri di Solo yang dikembangkan secara modern dengan deretan pertokoan, mal dan apartemen yang beberapa masih dalam pembangunan. Di sekitar area ini, kalau malam hari berderet warung tenda dna angkringan yang menjajakan makanan khas Solo, salah satunya Nasi Liwet Yu Sani. Nasi Liwet Yu Sani ini berada di paling ujung, di dean pertokoan Solo Baru. Seperti biasanya, karena warung tenda ini sudah terkenal, rata-rata orang Solo pasti sudah hapal dimana posisi Nasi Liwet Yu Sani ini. Beruntungnya saya kesini sebelum pukul 8 malam, karena katanya nasi liwet ini cepat habis kalau sudah di atas jam 8. 

Warung tendanya cukup luas dan bersih, ada area lesehan dan area dengan kursi panjang. Saya bisa menghirup aroma santan yang kuat dari nasi liwet yang masih mengepul di pancinya. Deretan makanan pelengkap nasi liwet yang terhidang di meja seperti ati, ampela, ayam sayur, gudeg, sayur labu langsung memangil-manggil perut saya. Saya memilih memesan nasi liwet dengan ati ampela, sedangkan teman saya dengan ayam sayur kuning.


Tak perlu menunggu lama, nasi liwet datang kehadapan saya disajikan dengan piring yang beralaskan daun pisang. Hmmm...belum saya makan saja, aroma kental santannya lagi-lagi menggoda saya. Nasi liwet memang dibuat dari campuran nasi dan santan kelapa encer sehingga menghasilkan tekstur nasi yang pulen, agak basah, dan wangi. Rasanya perpaduan gurih dan manis. Nasi liwet ini sangat enak dinikmati selagi hangat ditambah dengan sayur labu dan areh, gumpalan santan yang jadi ciri khas pelengkap nasi liwet ini. Ati ampela atau ayam sayur, keduanya sama enaknya. Dagingnya empuk dan cocok dimakan dengan si nasi liwet. Intinya, santan dengan nasi belum pernah seenak ini buat saya!


Makan seporsi nasi liwet ini nggak perlu mikirin harga, cukup dengan Rp7.000 saya sudah bisa menikmatinya atau kalau mau porsi lengkap cukup tambah Rp2.000 saja. Ah, rasanya ingin menambah satu piring lagi, tapi cukuplah malam ini perut saya berkeliling Solo. Masih ada esok dan kuliner menggoda lainnya yang siap dinikmati perut saya yang sudah membuncit ini hehehe...


Nasi Liwet Yu Sani

Jl. Raya Solo Baru (depan pertokoan)
Telp: 08122975311, 081578485657
Buka : 17.30-23.00

No comments