Limkie Kopitiam

Kawasan kuliner Jalan Veteran Jakarta ternyata nggak hanya diisi dengan kuliner tempo dulu seperti es krim Ragusa. Ketika saya menelusuri jalan ini hingga keujungnya, saya menemukan banyak resto dan kafe modern berderet disini, salah satunya Limkie Kopitiam. Nama kopitiam mungkin sudah nggak asing lagi di telinga pecinta kuliner Jakarta, kafe yang awalnya ngetren di Singapura ini sekarang membanjiri Jakarta dengan beragam nama tapi tetap dengan konsep yang sama sebuah kedai kopi.

  
Limkie kopitiam sendiri menempati sebuah area di hoek Jalan Veteran, pas disampingnya restoran Mbah Jingkrak. Seperti pada umumnya kopitiam yang bernuansa homey, Limkie juga mendesain kafenya dengan suasana rumah. Pas masuk kita akan disuguhkan dengan seperangkat kursi dan meja terbuat dari kayu, dengan beberapa pajangan dan guci khas Chinese tertata apik di dindingnya. Kalau menengok ke kiri, terlihatlah open kitchen yang persis dirumah sendiri. Masuk agak kebelakang ada ruang private dengan kapasitas sekitar 30 orang, di bagian depannya ada lemari pajangan berisikan botol-botol minuman kosong yang unik-unik. Berasa di rumah sendiri deh pokoknya.

Menu & Price

Menu yang disajikan disini juga standar saja. Harganya pun masih ramah dengan kantong. Ada menu sarapan seperti roti bakar, telur ½ matang (7–22K), aneka nasi goreng (18–25K), aneka mie goreng (18–23K), aneka kwetiaw dan bihun (20–23K). Ada juga main course (20–35K) seperti ayam goreng limkie, cumi saus madu, brokoli saus tiram, dan ada juga paket nasi (20–25K)seperti nasi ikan kakap taosi, nasi ayam ala Thai, dll.

Berhubung waktu kesini saya dan teman-teman udah kenyang makan, akhirnya sambil nunggu teman yang belum datang, kita memesan menu yang simpel-simpel aja buat cemilan.

Roti Bakar Cokelat Keju


A simple toast filled with cheese and chocolate crumbles. Nggak terlalu special. Rotinya juga nggak terlalu kering, soalnya saya suka roti bakar yang agak gosong gitu hehe. Malah kayak roti nggak dibakar jadinya hehe….

French Fries


Kentang goreng ini ditaburi cheese powder di atasnya. Digoreng cukup garing. Simple sih, ya lumayan lah buat nyemil-nyemil cantik.

Juice Strawberry


Terbuat dari fresh strawberry dan susu segar. Rasanya tidak terlalu asam karena susunya sepertinya banyak sekali. Cukup segar untuk siang yang terik.

Cappuccino


Nggak ada yang special sih dari minuman ini. Soalnya ini sepertinya terbuat dari cappuccino sachet-an yang biasa di pasaran, saya saja sampai hapal rasanya soalnya saya suka minum juga hehehe….

Fanta Susu


Saya lupa nama minuman ini, tapi pastinya ini terbuat dari campuran fanta dan susu cair. Rasanya ya seperti yang sudah kita tahu, soda dicampur susu pasti ada sedikit asam manisnya. Lumayan seger sih buat siang-siang.
  
Sorry to say servis-nya lama bangeeet! Padahal saat itu hanya ada saya dan empat teman saya, tidak ada tamu lain. Tapi entah mengapa untuk membuat roti bakar saja mereka butuh waktu sampai 30 menit lebih. Saya sampai berulang kali nanya ke pelayannya kapan jadinya. Alesannya “lagi dibuat, mbak. Sebentar ya.”

Kedai kopi memang harusnya menyajikan sesuatu yang cepat dan simple bukan sesuatu yang butuh tangan-tangan segitu terampilnya sampai-sampai makanan saja datangnya lama banget. Buat saya si Limkie kopitiam ini mungkin perlu sedikit mempertimbangkan kebutuhan pengunjungnya yang ingin makan, bukan sekedar menikmati betapa homey-nya kafenya. 

Limkie Kopitiam
Jalan Veteran 1 No. 35
Harmoni, Jakarta Pusat
(021) 351091112

No comments