BonChon Chicken

Booming crunchy chicken dan chicken strips sepertinya memang masih melanda ranah kuliner metropolitan. Setelah sebuah resto Jepang di GI dan western resto di Epiwalk menggebrak dengan crispy crunchy chicken and chicken strips mereka, kini datang lagi gerai serupa dari Pusan, Korea, bernama BonChon Chicken.

Gerai yang berdiri pada tahun 2002 justru gak terkenal di Korea, mereka malah terkenal di Amerika, bahkan sampai diklaim sebagai the best chicken in America oleh NY Times, GQ, dan Esquire. BonChon mengakui kalau mereka tidak menggunakan frozen chicken. Ayamnya sendiri ditimbang dulu sebelum dimasak, kalau overweight, they'll reject them. Mereka sangat menghindari ayam berlemak. Sausnya juga unik, cenderung sweet and tangy, katanya sih datang bukan dari artificial flavors tapi asli dari ekstrak buah. Yang lebih unik lagi mereka menyajikan makanannya saat kita pesan. "When you order, we start cooking" istilahnya.


Cukup menarik mengetahui keunikan mereka ditambah dua outlet baru di GI dan Citywalk Sudirman udah buka. Beberapa waktu lalu saya sempat mampir dan mencicipi beberapa menu baru mereka. Hmmm...lidah saya memang belum hapal seperti apa chicken strips yang enak itu, jadi ketika mencicipi chicken strips BonChon Bites (regular 10 strips, 13K; large 20 strips, 24K) saya teringat rasa strips disalah satu western resto yang pernah saya coba. Kulitnya sangat crunchy namun masih sedikit basah ketika digigit. Sausnya sangat melekat seperti madu yang meleleh di kulitnya. Rasanya ada dua original dan hot. Rasa manis dan asamnya fruit extract cukup pekat di tipe original, sedangkan yang hot pedasnya cukup menggigit lidah saya.





Untuk BonChon Chicken (25-58K)-nya sendiri nggak jauh beda dengan chicken strips-nya, tersedia dalam dua pilihan hot dan original. Kulitnya sama dengan strips-nya, daging ayamnya sangat bersih bahkan tidak terlihat ada lemak atau minyak sisa masak sekalipun. Empuk dan ada sedikit rasa manis dari fruit extract-nya.


Selain chicken, BonChon juga punya BonChon Wrap (20K), varian chicken yang dibalut dengan kulit lumpia yang agak tebal. Tersedia dalam dua pilihan Chicken Wrap dan Chicken Bulgogi. Chicken Wrap berisi potongan ayam gurih, selada, bawang bombay, dan tomat. Buat saya si original ini terlalu plain. Ayamnya nggak ada rasanya. Kulitnya juga hambar. Sedangkan si Bulgogi lumayan menggoyang lidah dengan pedasnya.



Untuk dessertnya, BonChon punya BonChon Mochi yang imut-imut asik hehe. Ukurannya ada yang small (3pcs - 14K), medium (6pcs -26K), dan large (9pcs - 40K). Bentuknya seperti kerang dan didalamnya ada es krimnya, juga terdiri dari 3 varian rasa vanila, cokelat dan strawberry. Uniknya si mochi ini dibuat dengan teknik khusus sehingga es krimnya nggak mudah meleleh, padahal es krim yang dipakai bukan gelato lho! I love the mochi skin. Very soft, thin, namun pas dimakan jadi kenyal apalagi pas digigit es krimnya meleleh di mulut saya. Wuih surga banget!



Selain menu di atas, BonChon juga menyediakan menu lain diantaranya BonChon Fish, BonChon Salad, BonChon Soup dan Sides dishes lainnya. Harga makanannya juga masuk akal. Untuk entreenya mulai dari Rp13.000-2000, main dish Rp25.000-90.000, dessert dan drink mulai dari Rp14.000.


Suasana gerainya baik yang di GI atau Citywalk pun cukup nyaman. Dengan furnitur dari plastik berwarna putih dan dekorasi dinding merah serta pencahayaan yang cukup terang, BonChon cukup nyaman untuk dijadikan pilihan lokasi makan siang.  Pelayanannya juga cukup ramah dan cekatan walau normalnya kita harus nunggu 20 menit untuk ayamnya tersaji di meja kita. But it's worth to wait.

Thanks for inviting me @Bonchon_ID. Semoga gerai-gerai barunya makin meramaikan ranah kuliner Jakarta.

Grand Indonesia Shopping Town

Jl. M.H. Thamrin No.1
Jakarta
www.bonchonindonesia.com

Citywalk Sudirman

Ground Floor
JL.KH Mas Mansyur, Jakarta
Tel : 021 542 20116

Living World

Alam Sutra Boulevard Kav. 21
Alam Sutera, Serpong
Tel: 021 292 39545

Supermal Karawaci

Lippo Kawaraci Coco Walk
WTS-10, Tangerang
Tel: 021 542 20116

2 comments

  1. Thank you yah buat tulisannya, enak dibacanya.. :) It was fun too meeting you and having you at our event!! :)

    ReplyDelete
  2. ica mamam mulu nih...awas nanti ndut lho....hehehheheheh....ica blognya bagus gw jadi ngilerrrr....ces...cesss....aduh netes dah tuh ilernya

    ReplyDelete