[PRODUCT REVIEW] Serunya Momen Streaming & Browsing dengan Samsung Galaxy J5


Di postingan sebelumnya saya sempat membahas keunggulan lain dari Samsung Galaxy J5 yaitu layar Super AMOLED dimana saya bisa menonton video favorit saya dengan nyaman dan tanpa buffering. Banyak sekali yang skeptis saat saya bilang kalau smartphone terbaru keluaran Samsung ini bisa mendukung momen menonton video menjadi lebih cepat. Tentu saja bisa, Samsung Galaxy J5 ini kan sudah built-in teknologi 4G LTE. Apa sih sebenarnya 4G LTE itu? Just FYI, buat yang belum paham (sebenarnya saya juga nggak paham-paham amat sih hehehe, tapi cukup mengerti lah haha), 4G merupakan singkatan dari Fourth-Generation atau Generasi Keempat yang mengacu pada standar generasi keempat dari teknologi telepon selular menggantikan teknologi 2G & 3G yang sudah ditanamkan di hampir semua smartphone yang kita pakai sekarang. 


Teknologi 4G ini menyediakan solusi komprehensif dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Nah, sementara itu untuk mendukung teknologi ini ini, si 4G harus memiliki pendamping berupa akses data yang memang kompatibel dengan kecanggihannya. Menurut Wikipedia, ada dua kandidat standar yang cocok untuk 4G yaitu standar WiMax (buatan Korea Selatan, 2006) dan LTE (buatan Swedia, 2009). Nah, di Indonesia sendiri, LTE-lah yang pertama kali di uji coba bersama 4G. LTE (Long Term Evolution) itu sendiri merupakan standar komunikasi akses data nirkabel yang mampu download sampai dengan tingkat 300mbps dan upload 75mbps. Singkatnya sih, 4G LTE ini kini merupakan teknologi tercepat yang ditanamkan dalam smartphone dan multimedia lain seperti modem atau laptop yang akan mendukung kemudahan si pengguna dalam mengakses data melalui internet. Kira-kira seperti dibawah inilah perkembangan dunia 4G LTE. 

*source from www.4GLTEmall.com

Di Indonesia sendiri, teknologi 4G LTE ini sudah mulai dikenalkan oleh beberapa provider seperti Telkomsel dan XL yang pada 2010 pernah melakukan uji coba dan akhirnya pada 2013, Bolt, menjadi provider pertama yang merilis teknologi ini secara komersil ke pasaran sekitar tahun 2013. Namun, sayangnya teknologi ini hanya ditanamkan pada smartphone yang memang didesain untuk mendukung jaringan 4G LTE dan di Indonesia baru beberapa smartphone saja yang memilikinya. Sebagai salah satu raksasa teknologi, nggak heran Samsung berlomba untuk menciptakan smartphone keluaran terbaru yang mendukung jaringan 4G LTE, termasuk Samsung Galaxy J5 yang saya miliki sekarang yay! Serunya lagi Samsung bekerjasama dengan penyedia layanan 4G LTE komersil pertama di Indonesia, Bolt, untuk mendukung serunya momen browsing dan streaming di Samsung Galaxy J5 ini. 

                                                                                  *courtesy of id.techniasia.com


Setiap kali kamu beli Samsung Galaxy J5 kamu sudah dapat bundling-an Bolt Super 4G LTE lho. Keuntungannya apa sih? Jelas banyak banget! Yang paling juara ya karena Bolt sudah berada dalam jaringan 4G LTE sehingga mendukung Samsung Galaxy J5 untuk melakukan aktifitas internetan super ngebut dibandingkan smartphone yang masih 3G. Kamu bisa menikmati akses imternet hingga 72 Mbps lho atau 10x lipat lebih cepat dari provider biasa. Gileeee cepet bener ini sih! Kalau bisa dibandingkan dengan operator yang masih 3G mungkin hasilnya akan seperti gambar & tabel di bawah ini:



Nah, nggak heran kan kalau saya senang sekali bisa streaming video kuliner favorit karena streaming-nya tanpa buffering. Kalaupun sedikit jauh dari jangkauan, saya hanya membutuhkan sekitar 4 detik untuk buffering. Untuk browsing website atau blog kuliner saya pun hanya membutuhkan kurang dari 1 detik untuk loading. Jadi, momen blogging saya benar-benar mengasyikkan deh sekarang! Cek deh rekaman video saya di bawah ini (saya memutar youtube dari Samsung Galaxy J5 dan saya rekam dengan handphone Samsung lainnya). Perhatikan, dari sejak iklan sampai masuk ke kontennya sama sekali tidak ada buffering! 


Untuk mendukung serunya streaming dan browsing, jaringan Bolt pun sekarang sudah mulai tersedia merata di area Jabodetabek. Bisa cek apakah daerah kamu masuk ke jaringannya disini 


Serunya internetan dengan Samsung Galaxy J5 juga didukung oleh canggihnya prosesor yang ditanamkan disini. Pasti tau dong yah prosesor apaan hehehe, kalau kamu punya PC atau laptop pasti hapal dengan prosesor intel pentium, intel celeron, dan yang paling terbaru dan tercepat adalah intel core i7. Nah seperti itu juga prosesor yang ditanamkan pada smartphone, Samsung menggunakan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit yang memiliki kecepatan 1,2GHz yang sudah pasti mumpuni untuk mendukung kecepatan sebuah ponsel pintar. Untuk penunjang kecepatannya, Samsung Galaxy J5 juga sudah dibekali dengan memori RAM 1.5 GB yang membuat saya bisa puas menyimpan video resep masakan ataupun foto-foto review makanan sebanyak-banyaknya. Pluuuuss, Samsung Galaxy J5 ini juga sudah dibekali android Lollipop seri terbaru yaitu Lollipop 1.5. Jadi, nggak perlu repot-repot upgrade lagi deh! 

Ah gila, kurang apa lagi ya si Samsung Galaxy J5 ini! Software update, kameranya 13 MP plus kamera depan 5MP dan punya built-in front flash camera, layar sAMOLED, jaringan 4G LTE, wah buat saya sih dengan harga yang hanya kurang dari 3 juta, Samsung Galaxy J5 ini sudah sangat memuaskan sekali. Jadi, masih mikir untuk punya smartphone yang mendukung hobimu? Yuk ah, cobain Samsung Galaxy J5 dan ikutan sharing serunya browsing dan streaming dengan menggunakan hashtag #tunJukkanmomenmu lalu upload atau captured momen serumu ke social media Samsung Indonesia melalui twitter @samsung_ID, instagram @samsung_id atau Facebook Samsung Mobile Indonesia


Sponsored by:


No comments