[WEB REVIEW] Happy Fresh: Easy & Fresh Groceries Shopping on Your Smartphone

Semenjak punya baby, kegiatan saya semakin banyak. Bukan hanya sekedar mengganti popoknya dan memerah ASI, tapi sekarang kegiatan saya bertambah sejak si baby Arga mulai makan. Saya mulai sibuk menyiapkan MPASI untuk si baby sampai-sampai kegiatan blogging sering terbengkalai hahaha. Keseruan menyiapkan MPASI makin sulit ketika si baby beranjak ke usia 8 bulan, menu makanannya sudah makin banyak, saya pun harus sering-sering bolak-balik supermarket untuk belanja bahan makanan segar. Tapi itupun kalau setelah pulang kerja saya tidak ada acara lagi atau kalau tidak dijemput suami which is kudu ngangkot desek-desekkan buuu hihihi...Huah rasanya saya super kalang kabut kalau tidak punya waktu untuk groceries shopping, mau titip sama Mama pun nggak bisa karena Mama kan yang jagain baby saya dirumah. Huah, runyam sudah rencana MPASI, dan saya nggak mau ujung-ujungnya Arga makan bubur instan terus-terusan. 


Beberapa hari lalu saya ingat teman saya pernah groceries shopping online via smartphone, saya pikir kok canggih amat teknologi sekarang sampai ada aplikasi yang mau ngebelanjain makanan di supermarket segala including beli daging segar dll hahaha dan ternyata memang benar ada. It's real. It's HAPPY FRESH! Happy Fresh ini merupakan start up company yang bekerjasama dengan supermarket di Jakarta dan sekitarnya untuk menyediakan layanan groceries shopping dan delivery right at your doorstep. Uniknya, groceries shopping-nya tidak dilakukan oleh si driver yang mengantarkan pesanan, melainkan oleh personal shopper yang memang memiliki kemampuan berbelanja dan memilih bahan makanan yang benar-benar bagus dan fresh untuk kita. Wuah cocok bangeet buat saya yang suka bingung kalau harus memilih daging atau ayam segar yang bagus seperti apa hihihi...Happy Fresh ini seolah menjawab kegundahan hati para ibu-ibu pekerja yang kesulitan mampir ke supermarket atau ke pasar karena sebagian harinya habis di kantor. Layanan groceries shopping-nya nggak hanya bisa di akses melalu website www.happyfresh.com, namun bisa juga melalui smartphone baik untuk iphone via AppStore atau android via GooglePlay. Aaaakh thanks God for the hi-tech system nowadays! 


Dengan hadirnya aplikasi Happy Fresh di smartphone makin memudahkan saya untuk belanja tanpa harus login di PC, jadi sambil ngetik-ngetik saya bisa klik-klik belanjaan di hape kan hehehe...So, lihat yuk betapa serunya saya belanja bahan makanan segar untuk membuat MPASI si baby Arga. The FIRST thing to do of course downlod aplikasi HAPPY FRESH di hape kamu. Setelah selesai, open aplikasinya dan muncullah gambar seperti dibawah ini. Klik 'PILIH MANUAL' kemudian pilih area kamu Jakarta Selatan, Barat, Utara, dll untuk memastikan apakah daerah tempat tinggal kamu masuk ke area delivery Happy Fresh. Karena saya berkantor di Jakarta Selatan, saya memilih untuk menerima belanjaan di kantor saja takutnya dirumah ibu saya sedang tidur, kan repot kalau siang-siang hihihi...Setelah saya klik Jakarta Selatan, maka keluarlah area apa saja yang ada di Jakarta Selatan dan saya memilih Karet Kuningan (Setiabudi). 


Setelah pilih area selesai, maka muncullah tampilan pilihan supermarket yang terdekat dengan lokasi saya. Happy Fresh saat ini baru bekerja sama dengan supermarket besar seperti Ranch Market 
& Farmers Market yang tersedia hampir di seluruh mal besar di Jakarta. Karena saya di Kuningan, pilihan supermarket-nya pun cukup banyak, saya pun memilih Ranch Market Epiwalk. Setelah Klik 'Ranch Market Epiwalk' maka keluarlah tampilan seperti di bawah. Kita bisa memilih 'KATEGORI' untuk memudahkan pencarian bahan makanan apa saja yang akan dibeli.


Kategori yang muncul pun banyak sekali. Seperti di gambar kiri bawah ini, kategorinya mulai dari Fresh Produce berupa sayuran segar, Meat & Seafood, Bakery, Dairy & Canned Goods, sampai perlengkapan bayi dan rumah tangga pun ada. Pokoknya kalau kamu sering belanja di supermarket seperti Ranch Market atau Farmer's Market pasti tau deh apa saja yang dijual disana hehehe...Kalau misalnya kamu bingung mau belanja apa, kamu bisa juga klik gambar bertuliskan 'DAFTAR' seperti di bawah ini, dan dapatkan rekomendasi seru dari HAPPY FRESH. Misalnya, jika kamu mau cari sarapan sehat, kamu bisa klik 'HEALTHY BREAKFAST' dalam kategori ini, HAPPY FRESH merekomendasikan produk-produk segar seperti buah-buahan, roti atau sereal untuk pilihan sarapan kamu. 


Berhubung saya niatnya mau membuat makanan MPASI, maka saya memilih kategori seperti Fresh Produce & Meat & Seafood. Untuk berbelanja produk tersebut. Kamu cukup 'klik' pada gambar produknya, maka otomatis produk pilihan kamu akan masuk di 'Keranjang Belanja'. Untuk mengeceknya, simply click the logo di sudut kanan atas yang bergambar keranjang. 


Nah, beginilah tampilan keranjang belanja saya lengkap dengan subtotal-nya. Setelah kamu merasa yakin dengan pesanan kamu, maka klik 'BUY NOW' dan akan muncul tampilan seperti di sebelahnya 'REPLACEMENT'. Jadi, jika barang pesanan kita tidak tersedia, kita bisa menggantinya dengan memasukkan produk yang kita pilih. Misalnya, saya memesan Wortel Import, nah untuk berjaga-jaga si wortel import tidak tersedia, saya memilih Wortel Organik Lokal. Begitupun dengan barang yang lain. Kalaupun kamu tidak mengisi form replacement ini dan misalnya produk pilihan kamu tidak tersedia di supermarket-nya, tenang, si personal shopper akan menelepon kamu dan menanyakan replacement apa yang kita pilih. Ah so simple and helpful, kan!


Setelah 'REPLACEMENT' selesai klik 'NEXT' maka muncullah tampilan 'PENGIRIMAN'. Saya memasukkan alamat pengiriman saya, lengkap dengan waktu pengiriman sesuai dengan waktu yang tersedia. Pilihan waktu-nya pun banyak lho, jadi kamu bisa menyesuaikan kapan mau menerima pesanan tersebut. Saya memilih jam dua siang karena jam satu siang saya masih ada meeting hihihi. Setelah beres, jangan lupa cek lagi subtotal-nya dan klik 'LANJUT PEMBAYARAN'. Pilih mau bayar via kartu kredit atau cash, lalu klik 'SUBMIT'.


Setelah itu muncul tampilah seperti di bawah ini. Informasi lengkap pesanan kamu dan nomor ordernya. Daaaan, kalau kamu memasukkan kode promo milik saya 'a4DDh' kamu bisa dapat FREE BIAYA DELIVERY selama 1 bulan yay! Masukkan kodenya di kolom di bawah tulisan 'WAKTU PENGIRIMAN' seperti gambar di atas. Dan itupun berlaku jika kamu promote kode kamu ke orang lain yang akan bergabung dengan HAPPY FRESH. Jika mereka sign-up dan berbelanja, maka kamu pun dapat FREE KREDIT Rp100K untuk belanja berikutnya, asiiik kan! Kode promo kamu dapat dilihat di bagian atas HOME screen, logo yang bertuliskan 'BAGIKAN'. Dan untuk mengecek status order kamu, kamu juga bisa cek dengan klik logo 'ORDER SAYA'.


Maka keluarlah tampilan seperti ini, baca-nya dari atas ke bawah ya, yang paling atas itu saat order saya sudah sampai...hihi tok tok abangnya sampai pas sekitar satu jam setelah saya memesan. Wuiiih, driver-nya keren banget deh, motornya dilengkapi box HAPPY FRESH yang lucu dengan warna hijau cerah dan logo HAPPY FRESH yang lucu hihihi...Saya menerima pesanan saya dengan lengkap dan masih fresh! Ahhh senangnya sekarang groceries shopping bisa semudah menjentikkan jari! 


Here's my groceries products shopped by HAPPY FRESH! 


So, tunggu apalagi. Hurry download HAPPY FRESH application in your smartphone, jangan lupa untuk memasukkan kode promo saya 'a4DDh' untuk mendapatkan FREE DELIVERY selama 1 bulan untuk belanja pertama kamu! Thak you so much HAPPY FRESH for making my life easier. Semoga kedepannya HAPPY FRESH bisa bekerjasama dengan makin banyak supermarket kalau bisa hypermarket seperti Carrefour atau Giant hihi dan memperluas area pengirimannya. I believe this start up would going bigger since nowadays people need something quick and easy access for their life. Check out also this below video untuk melihat keseruan lain dengan berbelanja melalui HAPPY FRESH. 

Happy groceries shopping ladies!!
Feel Happy, Get Happy Fresh! 

www.happyfresh.com
IG : @happyfresh_id


3 comments

  1. Hi.. thx utk reviewnya..
    Saya lagi mau coba karena mengalami hal yg sama yaitu mau nyiapin MPASI tp waktu belanja terbatas..
    Anyway td sy masukin kode km, mudah2an benefitnya bs sama2 dirasakan hehehee..

    -Kimi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Kimi, thank you sudah membaca review saya..semoga membantu yaaa

      Delete