Nikmatnya Jajan di Pasar Gambir, Kampoeng Tempo Doeloe, JFFF 2014

Bulan Mei selalu menjadi bulan yang saya tunggu-tunggu setiap tahunnya karena di bulan ini Kampoeng Tempo Doeloe dibuka lagi, yeaaay! Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) ini tak lain adalah salah satu rangkaian food festival bagian dari gelaran Jakarta Fashion and Food Festival 2014 yang memang diselenggarakan sebagai agenda rutin Sentra Kelapa Gading. Dengan tema pasar malam “Pasar Gambir”, Kampoeng Tempo Doeloe tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya bukan hanya karena areanya yang diperluas tapi juga stand makanannya bertambah banyak! Ditambah lagi karena bernuansa pasar malam, Pasar Gambir ini juga turut menghadirkan dekorasi serupa taman bermain tempo dulu bahkan ada odong-odong yang bisa dipakai main oleh anak-anak.


Lebih dari 100 tenant hadir disini, sebut saja tenant langgangan KTD seperti Es Jelly Pluit Sakti, Es Goyang, Nasi Goreng Kebon Sirih, Sate Ayam Madura Blok S, Martabak Medan Pluit, Bola Ubi Madu Oleea, dll. Tahun ini hadir juga tenant-tenant yang belum pernah saya lihat sebelumnya seperti Ketoprak Ciragil, Es Durian Iko Gantinyo, Sate Buntel Khas Solo Gentuman, dll.  


Oiya, bertranskasi di KTD tahun ini pun berbeda, kalau dulu kita harus menukar uang dengan uang kertas mainan, tahun ini kita bisa membeli kartu yang bisa di top up dengan nominal berapapun. Lebih praktis dan tetap bisa di refund kalau saldonya masih tersisa. Untungnya, saya mendapat kiriman 5 voucher kartu KTD dari Majalah Cita Cinta @citacintamagz, jadi nggak perlu repot ngantri dan top up hihi..thanks banget Cita Cinta!


Enough for blabbering, sekarang waktunya melihat apa saja yang saya udah cobain disini *maapkeun kalau saya bar bar sekali makannya hihihi…soalnya semuanya enaaaak!

Mie Kangkung Jimmy, IDR25K

Yang paling saya cari tiap tahun adalah, Mie Kangkung! Tapi sayang tahun ini tenant-nya Mie Kangkung Jimmy, tahun kemarin bukan ini seinget saya. Penyajiannya sih serupa, mie dengan tambahan kangkung dan toge serta kuah, hanya saja kuahnya kurang pekat dan kurang nendang seperti yang saya pernah coba sebelumnya.


Sate Ayam Madura Blok S, IDR26K

Papa dan Oom saya suka sekali sate ini, karena selain dagingnya yang tebal dan lembut, bumbu kacang mereka juga pekat namun nggak bikin eneg. Endes lah!


Ketoprak Ciragil, IDR17K

Haiyaaah saya mau nangis pas makan ini ketoprak. Saya lagi ngidam banget sama ini ketoprak karena udah lama banget nggak mampir ke Jl. Ciragil. Ternyata di KTD penyajiannya beda, nggak pakai kentang, dan porsinya gak sebesar aslinya plus bumbu kacangnya juga encer sekaliii huhuhu! #gagalngidam


Bakso Rusuk, IDR26K

Nggak ada yang spesial dari bakso dengan rusuk sapi ini. Yang disajikan pun rusuk beneran dan dagingnya sedikit sekali. Baksonya sih empuk namun kuahnya seperti kuah soto menurut saya hihi...nggak gurih seperti kuah bakso pada umumnya. 


Sate Padang Ajo Ramon

Dagingnya tebal-tebal sekali dan bumbunya pun sangat terasa kunyitnya. Cuma entah karena lagi hamil atau nggak suka, saya ngerasa aneh aja pas nyobain bumbunya hihihi terlalu kental sih buat saya.


Es Kopyor by Es Sinar Garut Haji Ucu, IDR28K

Ini enaaak banget! Kopyornya bener-bener pure kelapa kopyor dan tebal-tebal dagingnya. Gula-nya juga pas, seger banget lah diminum siang-siang! 


Es Jelly Pluit Sakti, IDR28K

Ini yang nggak pernah saya lewatkan! Saya memesan Es Jelly Super (kalau nggak salah namanya hehehe) isinya jelly beragam bentuk dan warna, nata de coco, selasih, peach, dan leci. Nagih banget sumpah! 


Es Jodoh

Entah mengapa ini dinamakan Es Jodoh, mungkin bisa mendatangkan jodoh bagi yang meminumnya hahaha! Saya sih penasaran aja, eh ternyata enaaak lho! Isinya ada semangka, selasih dan kuahnya manis dengan rasa susu kental yang kuat tapi nggak eneg. Endes banget!


Duh, rasanya jajan disini berasa nggak kenyang-kenyang. Aneka jajanan tempo dulu juga menjadi incaran saya, sebut saja Kue Rangi, Kue Ape, Cilok dan Cimol, Tahu Gejrot, Kerak Telor, Rujak Juhi, sampai Buah Lontar yang sudah langka pun ada! Saking barbar-nya makan, sampai lupa saya fotoin cemilan-cemilan kecil itu hahaha!

Anyway, buat yang suka kuliner wajib banget datang ke Kampoeng Tempo Doeloe ini. Sudah dibuka sejak tanggal 9 Mei hingga 1 Juni 2014. Buka mulai jam 10.00 - 23.00 WIB di Sabtu, Minggu & Hari Libur dan jam 16.00 - 23.00 WIB di Senin s/d Jumat. Happy food hunting, eaters! 

Tips: Datanglah di pagi hari saat weekend sebelum jam 12.00 karena masih sepi, pasti dapat tempat duduk dan nggak panas. Kalau weekday datang sebelom malam juga ada baiknya, karena hari apapun itu kalau malam pasti penuhnya ampun-ampunan. Saya pertama kali kesini datang di hari libur Waisak kemarin pada sore menjelang malam sama sekali nggak dapat tempat duduk jadi makannya hanya bisa berdiri di meja-meja tinggi yang tersedia (itupun kalau kosong), hingga 2 jam kemudian baru dapat phiuh! Pas datang minggu pagi jam 10...masih kosong song song dan bisa leluasa jajan hihihi! 




Kampoeng Tempo Doeloe
Jakarta Fashion & Food Festival 2014
La Piazza, Kelapa Gading
Sentra Kelapa Gading, Jakarta Utara
@jfff_info
www.jfff.info
Price Range : Under IDR50,000

2 comments

  1. kuliner di wilayah jakarta dan sekitar memang enak enak, untuk refrensi tempat dan kuliner selanjutnya, bisa kunjungi di www.situs-abang.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. kuliner di wilayah jakarta dan sekitar memang enak enak, untuk refrensi tempat dan kuliner selanjutnya, bisa kunjungi di www.situs-abang.blogspot.com

    ReplyDelete