Ronde Jahe Gardujati : Semangkuk Kehangatan Bandung

Malam-malam di Bandung memang enaknya cari yang hangat- hangat. Kebetulan banget setelah sekian lama nggak menjelajah Bandung, suami saya (ciee sekarang punya suami #eh) dengan baik hati nemenin saya ke Gardujati gara-gara ngidam ronde jahe Gardujati. Setelah putar-putar daerah Gardu jati yang penuh dengan jajanan kaki lima, saya akhirnya menemukan si ronde Gardu Jati yang tersohor itu. Posisinya ada disisi kiri jalan Gardujati kalau dari arah Pasir Kaliki, tepatnya diseberang Pyung Tailor dan hanya berupa gerobak jajan kaki lima berwarna hijau di trotoar dengan meja dan kursi kayu namun ramai sekali dengan pengunjung.


Ronde Jahe Gardujati ini terkenal sejak 1986 dan sudah sering muncul di festival makanan di Jakarta dan Bandung. Saya sendiri penasaran apa sih yang membuat ronde ini begitu berbeda dengan kebanyakan ronde jahe di Jakarta. Ronde jahe yang ditawarkan disini ternyata bukan hanya ronde berisi kacang, namun ada juga Ronde Durian, Ronde Soya dan Kembang Tahu. 

Langsung saja saya sebagai pecinta durian memesan Ronde Durian (15K). Seporsi Ronde Durian ini disajikan dalam mangkuk ukuran sedang dengan 7 pcs bola ronde berisi durian yang dibuat on the spot as per request! Wuih bener-bener fresh from the oven. Ukuran bola rondenya cukup besar, lembut dan pas digigit daging duriannya langsung meleleh dimulut saya. Kuah jahenya tidak terlalu encer, dengan aroma jahe yang cukup pekat namun terasa manis ditenggorokan. Berhubung dimakannya bersama durian, jadi kuahnya bercampur dengan aroma durian. Tambah wangi! Wuah, I really looove this Ronde Durian!


Yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan, Tahu Ronde (15K). Seporsi Tahu Ronde ini dihidangkan bersama bola ronde berukuran besar dan kecil dan berisi kacang. Kembang tahunya lembut sekali apalagi dimakan bersama kuah jahe yang hangat. Cocok sekali untuk menghangatkan badan di saat hujan seperti ini. 


Untuk menikmati ronde Gardujati ini, kamu tak perlu merogoh kocek dalam kok, cukup dengan uang Rp13.000 - 15.000 saja, kamu bisa menikmati hangatnya Bandung dengan kehangatan semangkuk ronde jahe di perutmu. Gerobak ronde jahe ini bisa kamu kunjungi mulai dari pukul 4 sore hingga 12 malam setiap harinya. Disarankan datang sebelum terlalu malam, karena semakin malam pengunjungnya banyak sekali dan suka susah dapat tempat duduk. 

2 comments

  1. Ini alamat yg dibandung dimana nya yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. posisinya ada disisi kiri jalan Gardujati kalau dari arah Pasir Kaliki, tepatnya diseberang Pyung Tailor

      Delete