Shang Palace: A Home for Cantonese Cuisine

Saya sudah berkali-kali mencicipi masakan Chinese, tapi belum pernah mencicipi masakan Cantonese. Awalnya saya pikir mirip, ternyata setelah mendapat kesempatan mencicipi Shang Palace, Cantonese Restaurant di Shang-ri La Hotel, Jakarta. Beberapa waktu lalu, saya mendatangi resto dengan nuansa oriental yang membuat saya seolah berada di China ini. Mulai dari karpet, kursi, meja bulat tipikal China hingga serbet di set peralatan makannya berdominasi warna emas, merah, dan cokelat. Shang Palace memiliki area yang sangat luas dengan beberapa private room yang dilengkapi dengan sofa dan LCD TV Restoran ini terlihat sangat mewah dengan tampilan begitu rapi, elegan, dan membuat siapapun mengunjung seolah harus ‘ber-table manner’. But hey, setiap resto memang memiliki standarnya sendiri, kan. Namun, sesaat memasuki resto ini dan disambut hangat oleh tim Shang Palace yang begitu kekeluargaan, kesan luxury itu seketika luntur.  


Malam itu dibuka dengan Chilled Fresh Tiger Prawn with Homemade Orange Sauce (IDR48K). Though it served in tiny portion, but it gave me a big sensation. Bayangkan perasan jeruk segar yang asam manis dimakan bersama udang windu dingin yang empuk dan masih sangat segar. It’s heaven baby! Saya yang normalnya suka merasa mual saat menyantap udang, kali ini seandainya boleh nambah, saya mau nambah ;-)


Selanjutnya, Double Boiled Fish Maw Soup with Black Mushroom (IDR98K). Sup perut ikan ini memiliki kuah yang agak plain namun menjadi cukup gurih saat dibarengi dengan gigitan daging perut ikan yang sangat lembut dan kenyal seperti jelly. Begitu juga jamur hitamnya yang kenyal, gurih dan mudah digigit. I love the black mushroom so much.


Homemade Bean Curd with Vegetarian Ham, Shimeji Mushrooms, and Dried Scallops (IDR78K). Menu ini juga cukup menggoda saya, Shang Palace homemade tofu yang lembut disiram dengan jamur Shimeji, scallop kering, vegetable ham yang rasa dan aroma kuah-nya bercampur dengan aroma bakaran dari tofu-nya beserta asam manis khas hidangan oriental. Cocok sekali untuk menu makan malam.


Next, menu ini benar-benar jadi jagoan saya dan teman-teman blogger malam itu. Yups, Wok Fried US Beef with Asparagus in Black Pepper Sauce (IDR208K) yang dibanderol dengan harga cukup tinggi ini juga memberikan sensasi makan luar biasa. I love how Shang Palace not put too many black pepper namun tetap membuat daging sapi US Beef-nya terasa pedas dan aromanya sampai meresap kedalam daging yang dimasak well-done. Menggigit dagingnya yang juicy saja saya udah bahagia, ditambah saus black pepper kesukaan saya. Duh, bener-bener die die must try, deh!


Steamed Grouper Fish with Light Soya Sauce. Daging ikan kerapu ini dimasaka dengan saus kecap degan tingkat keasinan sedang, membuat aroma ikannya kental akan wangi saus kecap. Dagingnya pun lembut. Simple dish for dinner.


Stir Fried Shanghai Style Noodles with Seafood and Shang Palace Premium X.O Sauce (IDR128K). Buat saya mie-nya terlalu lembek begitu juga dengan presentasinya. Rasanya cukup gurih dan kental aroma wijen. Porsinya pun lumayan besar, cocok untuk sharing.


Last main course, Live Crab with Chilli Sauce ini hampir membuat saya lupa table manner ;-) Rasanya siapapun pecinta seafood apalagi kepiting pasti akan langsung ‘bergerilya’ jika disuguhkan kepiting hidup, segar dan besar seperti ini. Belum lagi saus-nya yang mirip seperti saus padang dengan rasa asam manis dan sedikit pedas membuat saya ‘lupa daratan’. Pada akhirnya, saya menyerah dengan table manner disini, I prefer enjoying this superb dish for the sake of appreciate God’s grace of this food hahaha…


DESSERT TIME

After those generous portion of menu course, saya dan teman-teman disuguhi aneka dessert yang gak bisa ditolak lagi hehe…Shang Palace menyajikan aneka simple cold and hot dessert yang mayoritas berupa perpaduan bubur, es krim, ataupun sup berisi buah dengan harga mayoritas IDR35K. Dessert andalan saya malam itu Mango Sago Cream berupa kuah krim sagu rasa mangga yang dicampur dengan mutiara jelly, potongan melon dan es krim vanilla. Rasa mangganya tidak terlalu pekat justru kental dengan rasa manis dan aroma seperti aroma susu bubuk full cream. Es krim vanilla-nya menambah rasa yang menyegarkan pada dessert ini. Dessert yang juga menarik hati yaitu Lemon Grass Jelly with Lime Sorbet. Lemon Grass Jelly-nya sangat kenyal namun lembut. Aroma lemon grass begitu kuat menggugah selera saya. Hanya saja sedikit aneh dipadukan dengan es krim vanilla. Selain itu, coba juga cicipi Chilled Avocado Puree topped with Coconut Ice Cream atau Pan Fried Leek Pancake. Untuk pecinta warm dessert, Red Bean Soup with Glutinous Rice Balls or Poached Pear with Ginkgo bisa jadi pilihan yang tepat.

(ki) Chilled Avocado Puree topped with Coconut Ice Cream, (ka) Mango Sago Cream

(ki) Lemon Grass Jelly with Lime Sorbet, (ka) Red Bean Soup with Glutinous Rice Balls

(ki) Poached Egg with Ginkgo, (ka) Pan Fried Leek Pancake

Overall, it was a very great night. Shang Palace benar-benar memberikan sensasi makan masakan Cantonese yang luar biasa bagi saya. Jika kamu atau keluarga atau ingin mencoba mencicipi masakan Cantonese atau Chinese dinner dengan harga dan rasa yang sepadan, I could recommend this place for you. Thanks anyway Mas Joris and Shang Palace for having me that night. Again I should be grateful that God’s create such a place to enjoy Cantonese food to the fullest. 

Cheers,

Icha Khairisa, now curious about Cantonese hawker food ;-)

SHANG PALACE  Shangri-La Hotel Jakarta
Level 1 Kota BNI JL. Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta, 10220
Phone: (021) 2922 9999

No comments