Kedai Grekka: A Taste of Greek (Closed)

Humans were originally created with four arms, four legs, & a head with 2 faces.
Fearing their power, Zeus split them into two separate parts 
condemning them to spend their lives in search of their other halves.

(Plato)

Sepenggal kutipan dari Plato di atas membawa saya seolah berada di Yunani, dikelilingi dengan bangunan-bangunan kuno yang eksotis dan orang-orang yang seolah semuanya berpikiran filsafat serta makanan-makanan bernama aneh namun menggoda. Sayangnya, khayalan itu hilang sesaat setelah seorang waiter datang kembali ke meja saya dan bertanya, ‘Mau pesan apa, Mbak?”. That’s come again in my mind, mau pesan apa? Itu pertanyaan sulit saya jawab saat melihat deretan menu makanan Yunani di depan saya. Oh well, now I’m stucking in a food stall named after Grekka. Yeah, that’s what you heard, Greek for Grekka, sudah pasti bisa ditebak saya sedang mencoba makanan Yunani yang sekarang ini sedang booming di Jakarta dan Bandung.


Grekka menempati sebuah kedai kecil di pinggiran jalan Cihampelas, Bandung menggantikan Kedai Ramen Ling Ling (Grekka merupakan inovasi baru dari pemilik Kedai Ramen Ling Ling). Dengan desain kedai warna biru muda dan kuning yang sangat mencolok dari kejauhan, Grekka membuat saya sangat ingin mencoba seperti apa masakan Yunani yang menurut kepercayaan orang sana baik untuk pikiran dan jiwa.


Grekka menawarkan traditional dishes yang mayoritas a balance portion of rice, meat & vegetable seperto Souvlaka, Keftedes, Gyros, dll., dengan aneka lite bites seperti Mousakka dan Loukomades yang menjadi cemilan khas Yunani. Ditambah dengan aneka Desserts khas kedai Ramen Ling Ling, seperti Mango Desserts, Tutti Frutti Desserts berupa jelly, nata de coco, susu dan buah potong yang segar.

So, that’s another question which traditional dishes I should choose? It went to Souvlaki Shrimp (25K) dan Souvlaki Lamb (23K). Souvlaki merupakan salah satu menu utama keluarga di Yunani berupa nasi yang disajikan dengan bayam rebus dengan tambahan udang panggang, saus keju dan saus yoghurt, sedangkan Souvlaki Lamb hanya diganti saja dengan daging domba panggang. Kedua menu ini benar-benar disajikan dalam porsi seimbang yang menurut saya sih kecil hihihi…Nasinya sendiri berupa nasi yang dimasak bersama mentega sehingga bau menteganya cukup kuat dan aromanya gurih sedangkan bayamnya menurut saya terlalu overcooked, jadinya lembek sekali. Udang dan daging dombanya dipanggang sedang dan dagingnya pun cukup empuk hanya saja rasa-nya plain. That’s why they provide a dip. Namun, buat saya kedua sausnya belum ramah dilidah, saus kejunya dibuat sangat encer dan asam, begitu pula saus yoghurtnya plain seperti minyak zaitun hanya saja terasa lebih segar dan pas untuk cocolan si udang dan daging domba. Well, mungkin memang inilah citarasa Yunani yang sebenarnya, yah ;-)



Yang paling saya suka adalah lite bites mereka, Mousakka (17K) benar-benar membangkitkan taste bud saya. Sepintas Mousakka mirip lasagne, tapi ketika didekati dan dipotong, teksturnya justru lebih mirip pastel tutup. Setiap layer Mousakka dilapisi dengan kentang, keju, daging cincang, dan terung. Rasa daging dan keju yang kuat menjadi andalan makanan ini, begitu pula dengan kelembutan teksturnya. Ah, I can’t agree more!


Nggak usah takut juga dengan harganya, Grekka membawa kita memasuki Yunani hanya dengan Rp20.000 – 25.000 untuk semua tradisional dishes-nya. Sementara lite bites dapat dinikmati mulai dari Rp10.000 – 20.000, dan aneka desserts mulai dari Rp11.000 – 15.000. 

Masakan Yunani memang unik dan Grekka yang mencoba menembus pasar kuliner Bandung patut diacungi jempol dengan keberaniannya membawa hidangan Yunani ke Indonesia, sedikit improvisasi pada rasa makanannya bisa jadi membuat Grekka akan makin digemari pecinta kuliner. Thanks anyway Grekka dan Mbak Dina for the invitation. Will come back for another lite bites ;-)

Icha Khairisa, now seeking for a cheap airfare to Greek to taste the real dishes ;-)

Kedai Grekka
Jl. Cihampelas No. 101
Bandung
(setelah Aston Tropicana Hotel dan Sapu Lidi Kafe)
022-96016234
@KedaiGrekka
www.kedaigrekka.blogspot.com

1 comment