Feel Healthy, Feel Difference with Zespri® Kiwifruit


Sehari-hari saya sibuk bekerja sebagai QA Admin & Translator di sebuah kontraktor gedung di Jakarta. Kerjaannya ya menerjemahkan dokumen setumpuk bahkan bisa sampai berjam-jam sampai kadang lupa waktu bahkan hanya untuk bangun dari kursi sendiri. Dulu saya pernah divonis kena gejala osteoarthritis karena struktur sendi saya rapuh akibat saya terlalu lama duduk. Waks, langsunglah saya makin panic belum lagi tubuh saya yang kurus ini juga sangat mudah terkena flu dan kalau sudah kecapean penyakit asma saya mudah kambuh.  Dipikir-pikir daya tahan tubuh saya memang sangat tidak bagus sih. Kalau ditanya apakah saya penganut hidup sehat, mungkin 80% iya, sisanya tidak hahaha…Sehari-hari saya rutin berenang seminggu tiga kali untuk menjaga tubuh tetap bugar dan menjauhkan asma, konsumsi tablet vitamin C serta mengonsumsi makanan sehat termasuk sayur dan buah seperti semangka dan pisang. Namun usut punya usut, makan sayur dan buah saja tidak cukup apalagi tidak teratur dan baru menyadari bahwa menurut fakta WHO 93,6% masyarakat Indonesia itu kurang makan buah dan sayur. Buruknya lagi konsumsi buah dan sayur masyarakat Indonesia hanya 2,5 porsi per hari. Padahal FAO menganjurkan konsumsi buah harus mencapai 73 kg/kapita/tahun dan memenuhi standard kecukupan untuk sehat setara 91.25 kg/kapita/tahun. Haiyaah, ternyata selama ini saya pun kurang memenuhi kebutuhan sayur dan buah ya hihihi…

Dari salah satu artikel yang saya baca pun, menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, Msc. MS. Sp.GK, seorang dokter spesialis gizi klinik dari FKUI, ternyata orang Indonesia sebenarnya sudah memenuhi pola makan gizi seimbang hanya saja masih banyak yang berpandangan kalau buah dan sayur hanya sebagai pelengkap. Padahal faktanya, kekurangan asupan buah dan sayur dapat menyebabkan risiko kematian akibat kanker saluran cerna (14%), risiko kematian akibat penyakit jantung coroner (11%) dan kematian akibat stroke (9%). Waduh setelah baca ini saya makin tahu, normalnya kita itu membutuhkan minimal 2 porsi buah dan 3 porsi sayur secara teratur per hari. Gunanya untuk apa? Ya pastinya untuk meningkatkan kesehatan, dong! Tidak hanya itu saja, buah dan sayur juga penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti kencing manis, kanker, obesitas, dan penuaan dini, memperlancar metabolisme, meningkatkan kesehatan saluran cerna dan mencegah kerusakan sel.

Sayangnya, selama ini saya pun memenuhi kebutuhan sayur dan buahnya asal-asalan. Harusnya saya yang rentan flu ini rajin mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C asli lebih banyak, tapi malah hanya mengandalkan tablet vitamin C. Padahal vitamin C langsung dari buah itu lebih banyak dan terasa manfaatnya daripada sekedar mengonsumsi tablet. Owalah, saya baru menyadari hal itu ketika beberapa waktu lalu, Zespri® International yang membawahi petani buah kiwi asal New Zealand ini mengundang saya untuk merasakan manfaat buah kiwi Zespri®FYI, buat yang belum pernah dengan Zespri® International, mereka ini adalah perusahaan asal New Zealand yang memiliki kantor di Eropa, Inggris, Amerika Utara, Jepang dan Asia Pasik dan telah memasarkan buah kiwi ke lebih dari 70 negara di dunia. Perusahaan yang menaungi para petani kiwi New Zealand ini juga berbeda dengan produsen buah kiwi yang sudah ada, mereka memiliki standar kualitas dan melakukan riset terus menerus dalam produksi buah kiwi-nya dan pastinya menggunakan metode produksi yang lebih ramah lingkungan. Tahun ini mereka memiliki campaign “Feel The Difference” untuk menggencarkan konsumsi buah secara teratur pada masyarakat Indonesia, terutama buah kiwi.

Kenapa sih harus buah kiwi dan kenapa harus Zespri® Kiwifruit?

Karena buah kiwi sudah terkenal kaya akan vitamin C dan E dan kandungan vitamin C pada buah kiwi Zespri® nggak tanggung-tanggung loh, 2X lebih tinggi dibandingkan jeruk dengan perbandingan berat (gram) yang sama dan 5X lebih besar dibandingkan apel dengan perbandingan berat (gram) yang sama. Satu buah kiwi Zespri® megandung lebih dari 150% asupan harian yang dianjurkan dan cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kita. 


**Vitamin C dalam  mg/100 buah yang siap dikonsumsi. Sumber: USDA Nutrient Database Release 24

Nggak heran buah kiwi Zespri® ini selalu menempati posisi teratas dalam tabel nutrisi dan mendapat pengakuan sebagai Makanan Super. Sebuah riset yang dilakukan oleh Rutgers University* menyatakan bahwa kiwi menjadi buah di peringkat pertama diantara 27 jenis buah paling populer.



* Sumber: Lachance, P.A., Sloan, A.E. "Fruits in Preventive Health and Disease Treatment. Nutritional Ranking and Patient Recommendations". 38th annual meeting of the American College of Nutrition, New York, 27 September 1997.

Si buah berkulit cokelat dan berbulu ini juga kaya akan serat dan mengandung enzim unik, actinidin, yang hanya ada pada buah kiwi hijau yang berfungsi membantu pencernaan protein sehingga lebih mudah diserap. Selain itu, buah kiwi juga mengandung asam folat yang bagus untuk mencegah cacat tulang belakang pada bayi, potassium yang baik untuk menjaga kondisi tekanan darah dan kesehatan jantung. Buah kiwi juga merupakan sumber karotin lutein yang baik dan dapat membantu kesehatan penglihatan yang disebabkan usia. Manfaat lainnya masih sangat banyak, buah yang berwarna hijau dan emas ini mengandung antioksidan alami yang tinggi seperti polyphenol, karotenoid dan phytochemical lain termasuk beberapa enzim penting yang mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan stress oksidatif. Buah ini juga membantu dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Baiknya lagi, mengonsumsi buah kiwi 2-3 buah perhari dapat mengurangi sebah dan kembung, cocok buat yang punya penyakit maag seperti saya nih! Singkatnya, dalam sebutir buah kiwi mengandung 10 Amazing Health Facts seperti gambar di bawah ini.

*foto courtesy of  Zespri® International 

Wah, saya makin semangat dengan fakta-fakta tentang kiwi barusan apalagi Zespri® menantang saya untuk mengikuti program 14 Days Challenge with Zespri® Kiwifruit, suatu program untuk merasakan manfaat buah kiwi Zespri® selama 14 hari. Did I say yes? Of course YES! Apalagi saya sudah mengetahui fakta tentang ajaibnya manfaat buah kiwi dibawah naungan Zespri® International ini. 

*foto courtesy of  Zespri® International 

Setelah saya bilang YES, tim dari agensi Zespri® menyupai saya dengan buah kiwi Zespri® sebanyak 28 buah untuk 14 hari. Uwow, saya langsung melotot pas melihat buah kiwi-nya besar-besar dan segar-segar. But anyway, saat saya menerimanya, buah kiwinya masih agak keras, katanya khusus untuk Zespri® Green Kiwifruit memang harus disimpan terlebih dulu 3-5 hari untuk membuat buahnya semakin matang dan melunak. Disimpannya disarankan dalam suhu ruangan atau di kulkas. Setelah kurang lebih 3 hari, saya rasakan dagingnya sudah melunak dan empuk barulah saya coba potong salah satunya. Wah, warna hijau-nya benar-benar hijau dan terlihat sangat segar. Saya cicipi buahnya 2 potong per hari dengan memotongnya kecil-kecil, rasanya asam manis segar deh! Buah kiwi hijau memang lebih asam dari buah kiwi gold. But I love it that way. Kemudian saya mencoba memakannya dengan cara disekop, eits belum tau ya kalau buah kiwi Zespri® ini sangat mudah disekop pakai sendok loh hihi...jadi kalau malas motong, tinggal belah dua dan sekop deh pakai sendok, makannya jadi lebih mudah! 

*foto courtesy of  Zespri® International 

potongan segar buah kiwi Zespri® 

Karena bosan dengan makan buah kiwi biasa, saya mencari cara untuk membuatnya nggak biasa. Saya pun mencicipinya dengan mencampurkan sebagai topping untuk outmeal saya untuk sarapan pagi. Wah, outmeal saya yang biasanya plain saja kini sedikit berasa manis dan jadi segar dengan tambahan buah kiwi Zespri®. Enak juga nih!


Mulai bosan dengan outmeal plus kiwi, saya iseng mencampurkan kiwi Zespri® dengan coconut yoghurt sebagai cemilan siang saya. Yoghurt rasa kelapa yang asam ditambah dengan kiwi yang asam manis, jadi teman nyemil yang pas buat siang-siang.


Saya juga mencoba mencampurkan buah kiwi Zespri® dengan fruit punch yoghurt yang lebih encer. Jadinya seperti minuman dengan potongan kiwi. Segar dan acara makan kiwi jadi nggak biasa, deh!


Setelah 14 hari berganti-ganti cara mengonsumsi kiwi Zespri®, saya merasakan banyak sekali manfaat yang di dapat. Saat pertama kali menerima buah kiwi Zespri®, kebetulan saya sedang flu berat dan tenggorokan sedikit kena radang. Seiring mengonsumsi buah kiwi Zespri®, saya sih merasakan tenggorokan saya mulai membaik, nggak heran karena buah kiwi kan mengandung vitamin C, E, dan A lebih tinggi dari buah lainnya sehingga  membantu meningkatkan kekebalan tubuh, jadinya flu saya cepat hilang deh! Plus enaknya, setelah mengonsumsi buah kiwi Zespri® 2 buah per hari, saya merasakan perut saya yang punya maag ini lebih longgar. Biasanya suka terasa sebah/begah setelah makan, tapi pas konsumsi kiwi, rasanya enak aja perutnya hihi...

Wah nggak nyesel banget nih bisa ngerasain manfaat langsung-nya buah kiwi Zespri®, awalnya saya malas makan buah, tapi kalau melihat hasil yang dirasakan sebegitu cepat, kayaknya nggak akan malas lagi nih beli buah. Apalagi menurut www.vemale.com yang dikutip dari www.healwithfood.org, saking tingginya kandungan vitamin C pada buah ini juga mampu mengurangi gejala asma. Wah, kalau dikonsumsi terus menerus, penyakit asma saya bisa hilang nih horeee!

Untuk tahu info lebih banyak tentang kampanye konsumsi buah dan manfaat lainnya dari buah kiwi Zespri®, silahkan langsung klik Zespri Indonesia atau Zespri International untuk mengetahui sejarah Zespri dan para petani hebatnya.  Pantau juga linimasa mereka di @zespriSEA atau Facebook ZespriID untuk tips-tips dan info seputar kiwi terbaru.

Anyway, yuk teman-teman mulai giatkan kampanye konsumsi buah dalam diri kita sendiri. Nggak perlu banyak-banyak kok cukup 2 porsi buah per hari untuk mendapatkan asupan gizi yang benar-benar seimbang. Jangan lupa juga cobain manfaat alami langsung dari buah kiwi Zespri®. Dijamin nggak akan nyesel deh! Let’s Feel the Difference! 

Sources:

http://www.zespri.com
http://www.zespri.co.id
Zespri Media Workshop Press Release, April 2013
dan berbagai sumber lainnya.

*This post is also wrote for joining Zespri Blog Competition

1 comment

  1. hi, mba icha, boleh tau coconut yogurt beli di jakarta?
    thanks

    ReplyDelete