Fook Me?! No, It's Fook Yew!

Menikmati Chinese cuisine tidak melulu harus dalam suasana tradisional yang formal, baru-baru ini saya disuguhi nuansa lebih modern dan youthful sambil menikmati Chinese cuisine disebuah resto yang terdengar sedikit ‘nyeleneh’ namanya, Fook Yew: Shanghai Bistro & Bubble Tea Lab. Sepintas kalau diucapkan salah, arti katanya pun jadi kasar, hal itu terjadi pas saya bertanya sama penjaga took sebelah lokasi resto ini dan alih-alih menyebut kata Fook Yew, dia malah menyebut plesetannya yang ‘you named it’ hahaha… Well, mungkin Ismaya Group, memang selalu menampilkan sesuatu yang nggak biasa di setiap gerai barunya. Fook Yew yang dalam bahasa China bermakna Fortune Friendship ini nggak hanya memiliki nuansa kedai China jaman dulu, tapi berpadu dengan Chinese pop style yang menampilkan sosok pemuda botak dan sambil mengancungkan dua jari telunjuk dan tengahnya sebagai icon resto ini. Nuansa Chinese pop style juga bisa dilihat dari warna-warni furniture yang digunakan beserta lukisan-lukisan bald head with tattoo dan kalimat-kalimat provokatif seperti “Fook Yew Not Made in China” atau “Talk Doesn’t Cook Rice”.


Sesuai dengan namanya Shanghai Bistro, menu Chinese yang ditawarkan disini juga terspesialisasi menu dari Shanghai, perpaduan antara tradisional dan modern Shanghai cuisine dengan sentuhan internasional misalnya pada varian alcoholic bubble tea dari Bubble Tea Lab mereka yang tidak akan kamu temui di gerai bubble tea manapun. Uniknya, setiap minuman bubble yang ada disini ternyata mempunyai simbol dan nama unik lho. Untuk non-alcoholic bubble dinamai dengan para kungfu master, seperti The Last Emperor, Thai Chi Master, dll. Sedangkan, alcoholic bubble tea-nya disimbolkan dengan lambang shio yang dimodifikasi seperti, The Choco Tiger, The Golden Rabbit, The Gummy Rooster, dll. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan seperti umumnya resto-resto milik Ismaya, dari range Rp30.000 – 80.000 untuk makanan, dan Rp7.000 – 60.000 untuk aneka minuman dan bubble tea-nya.


A lil bit late for me to visit this place, but since I’m curious about and, fortunately, Ismaya invited me to come here, jadi akhirnya saya bisa juga mencicipi menu-menu pilihan Fook Yew beberapa waktu lalu. Here’s my story in enjoying Uncle Zeng Choices:

Kalau biasanya Xia Long Bao menjadi jualan utama restoran Chinese, Fok Yew menawarkan Sheng Jin Bao yang lebih menggambarkan trademark Shanghai. Sheng Jin Bao ini mirip seperti Xia Long Bao hanya saja kulitnya tidak dikukus melainkan digoreng seperti bakpao goreng namun tetap ada filing-nya. White Sesame Sheng Jin Bao yang saya cicipi pertama kali ini agak membuat saya shock, soalnya ukurannya besar. Sampai-samapi saya mikir apa bisa digigit dalam satu suapan, well it’s actually can not hehe…Isinya berupa wijen putih yang terlalu manis menurut saya.


Sementara, Chicken & Prawn Sheng Jin Bao berisi potongan ayam dan udang dengan kuah asin gurih selayaknya Xia Long Bao. Unik rasanya melihat bakpao goreng tapi dalamnya ada kuahnya hihihi…It’s better than the previous one. Apalagi daging ayam dan udangnya juga potongannya cukup lumayan besar.


Salted Fish & Chicken Fried Rice, Fook Yew sepertinya ingin memuaskan customernya, sampai-sampai nasi gorengnya pun datang dengan porsi yang besar di piring yang besar pula. Sekilas sih seperti nasi goreng biasa, dengan campuran ikan asin dan ayam. Rasanya gurih da nada after taste manis di lidah tapi yang lebih aneh saya berasa seperti ada pasir tertinggal di mulut. Kata waitressnya sih itu karena kuning telurnya direbus dulu baru dihancurkan dna dicampur ke nasinya. Well, it might be yes or not hehe…


Macau Fried Seafood Noodle with Egg Sauce. Well, I always love kinds of I fu mie and this food was scrumptious! Selain karena porsinya besar, egg saucenya juga rich! Kental, gurih, dengan serpihan omelette dan oyster yang chewy. Ahhh I just can’t resist this noodle!


Two Flavor Hong Kong Kailan ini tidak berhasil mengambil hati saya. Since I don’t know what to pair. Biasanya makan sayur enaknya pakai nasi sih hehehe..But, kalian keringnya cukup enak buat digado. Soalnya crunchy gitu digorengnya, jadi kayak cemilan kalian deh hehehe…


Go Hiong in Honey Sauce ini jadi penutup makan malam yang sempurna! Tekstur kulitnya yang garing dan lembut berpadu dengan filing campuran sayur dan ikan serta disiram honey sauce yang manisnya pas. It’s just perfect and I can’t bite it once!


Puas makan-makan a la Shanghai, saya pun mencicipi aneka minumannya plus alcoholic bubble tea-nya. Kebetulan saat itu juga ada demo live making alcoholic bubble tea, jadilah saya berhasil mencicipi du varian alcoholic bubble tea berikut:

The Dancing Pig. It’s a fusion of cranberry juice, crème de cassis, fresh lemon njuice dan absolut vodka. Rasanya seger banget! Tapi yang justru paling terasa sih fresh lemon juice-nya asam dan segar. After-nya sedikit pahit di tenggorokan dan hangat, a typically absolut vodka.


The Stuby Dog. I prefer this one. Baileys always works on every mixed drink! Campuran coffee carame, crème de cacao-nya plus tapioca balls dan coffee jelly membuat minuman ini benar-benar creamy dengan tingkat kemanisan yang pas dan aroma dan rasa baileys yang manis dan sedikit pahit membuat saya seolah menyeruput blackforest cake! 


Untuk non-alcoholic bubble tea-nya, saya mencicipi:

The Last Emperor. Taro Milk Bubble Tea, campuran red bean dnegan tapioca balls juga ga pernah salah dilidah saya. Creamy dan manisnya pas dilidah.

Kungfu Hustle. Thai Tea dengan tapioca balls. This is also perfect. Nggak ada yang lebih enak selain creamy dan manisnya teh thailand dicampur susu seperti ini. Perfect!


Overall, I just love spending my empty stomach til full here. With a super warm greeting dari pihak Ismaya, saya merasa sangat dimanjakan. Thanks for the warm greetings Kathy Syahrizal and @fook_yew. You made me wanna visit truly Shanghai soo damn much hahaha!



Fook Yew Shanghai Bistro & Bubble Tea Lab

Gandaria City
Mainstreet - GF, Unit MG 25
Jl. Sultan Iskandar Muda 5 No. 8
Jakarta Selatan 12240
Ph. 021.29007897
Facebook: FOOKYEW
Twitter: @fook_yew
Web: www.ismayagroup/fookyew

No comments