Mie Ongklok Pak Muhadi Wonosobo

Menjelajahi kota orang belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Teman saya yang asli Wonosobo mengajak saya mencicipi salah satu makanan khas Wonosobo saat libur panjang minggu lalu.

Wonosobo, kota yang terkenal dengan dataran tinggi Dieng-nya yang cantik itu memiliki segudang khasanah kuliner, salah satunya Mie Ongklok. Konon mie ini adalah masakan khas orang-orang Chinese yang banyak menetap disini. Mie Ongklok ini terkenal karena penyajiannya yang unik. Mie kuah disajikan dengan sate daging, unik bukan, tidak seperti mie kuah yang biasa ditemui di Jakarta.

Salah satu kedai mie ongklok yang terkenal di sini namanya Mie Ongklok Pak Muhadi yang terletak di jalan Ahmad Yani. Kedainya cukup besar dengan kapasitas kira-kira 80 orang. Deretan bangku dan kursi panjang tertata rapi di dalam kedai. Dapurnya sendiri terletak di luar kedai. Sambil menunggu pesanan mie ongklok, senampan besar mendoan disodorkan di meja saya.

Mendoan versi Wonosobo agak beda dengan mendoan pada umumnya, digoreng sedikit kering dan warna kulitnya pun kuning. Tapi tempenya tetap bertekstur basah didalamnya. Enak banget buat dicemilin.

  
Selang 20 menit, mie ongklok yang tersohor itu disajikan. Memang cukup lama penyajiannya soalnya saat itu sedang ramai dan koki yang saya lihat di luar hanya 3 orang. Mie ongklok disajikan dalam sebuah mangkuk standar dengan mangkuk berisi sate sapi lengkap dengan bumbu kacangnya. Mie ongklok sendiri disajikan sangat unik, mie-nya sudah dicacah dicampur dengan kol dan daun kucai kemudian di bentuk bulat dan disiram dengan kuah gurih. Cara makannya dibarengi dengan sate sapi yang cukup empuk dagingnya. Jadinya rasa yang hadir di mulut saya warna-warni, perpaduan gurihnya kuah asin terbalut dengan manisnya bumbu kacang. Unik dan jarang saya temui dimana-mana.



Makanan yang disajikan disini hanya mie ongklok dengan harga seporsinya Rp16.000. Minuman yang adapun standar hanya teh manis dan aneka soft drink. Namun saya puas makan disini. Karena bisa mencicipi kekayaan kuliner Indonesia khas Wonosobo.



Mie Ongklok Pak Muhadi
Jl. Ahmad Yani No. 1
Wonosobo

No comments