Mie Ayam Mang Oyo: Kuah Ayam Rasa Rendang

Minggu lalu pas lagi mampir ke rumah sohib lama, saya diajak makan di kedai mie ayam di salah satu sudut terpencil Depok. Nggak ada yang istimewa sih awalnya dari semangkuk mie ayam, toh dimana-mana mudah ditemui. Tapi yang ini beda, hampir semua teman-teman saya yang sudah mencobanya bilang enak dan beda dari kebanyakan mie ayam.

Well, terdamparlah saya di kedai mie ayam di daerah Jalam Wijayakusuma Raya, Depok. Lokasi kedainya pas di ujung jalan wijayakusuma raya. Jalan Wijayakusuma Raya ini sebenarnya sebuah gang sih. Patokannya kedai ini dekat dengan tempat pembuangan sampah akhir. Huah, kaget banget pas tau kedainya dekat TPA, tapi nyantai, bau sampahnya nggak sampai tercium kok. Dan kedai yang mirip kedai warung kopi indomie ini sangat bersih walau kecil. Cuma ada satu gerobak mie ayam di depannya, dengan seorang abang penjual yang berumur kira-kira 30an.

Mie Ayam Mang Oyo namanya. Kata temen saya mie ayam ini udah 20 tahun disini, udah ada sejak teman saya masih TK. Dirintis sama bapak yang dipanggil Mang Oyo, dan kini diteruskan oleh mantunya.


Singkatnya seporsi mie ayam tersaji di meja saya. Tampilannya cukup menggiurkan, dengan potongan ayam dan seledri yang tumpah ruah. Saya menyeruput kuahnya terlebih dahulu. And that's the hint! Kuahnya ini beda dari yang lain. Kalau biasanya mie ayam hanya menggunakan kuah kaldu ayam bening, malah cenderung cuma air yang dikasih penyedap rasa, Mang Oyo berani beda dengan membuat handmade kuah ayam pekat dengan rasa campuran pedasnya rendang dan gurihnya soto. Warna kuahnya aja sedikit merah oranye gitu.

Sepanjang menyeruput mie ayam yang juga handmade, lembut, dan tipis-tipis, saya begitu menikmati kuahnya. Beneran serasa makan mie ayam dicampur rendang hihihi...

Harganya malah bikin saya lebih shockk, cuma Rp6.000 saja semangkuk. Wuah, kalau saja perut saya belum full, saya mau deh dua mangkuk, mang! Well, dengan ini saya nyatakan, Mang Oyo bakalan jadi mie ayam yang saya kangenin tiap kali main di Depok.



Mie Ayam Manng Oyo
Jalan Wijayakusuma Raya
Beji, Depok

1 comment